Hari ini, Senin, 26 Januari 2015, Presiden Joko Widodo resmi melantik Triawan Munaf sebagai Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia di Aula Istana Negara, Jakarta. Pelantikan tersebut didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 9/P/2015 tentang Pengangkatan Kepala Badan Ekonomi Kreatif. Badan Ekonomi Kreatif dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden No. 6 Tahun 2015 tentang Badan Ekonomi Kreatif (Perpres Badan Ekonomi Kreatif), yang ditujukan untuk merealisasikan visi dan misi Presiden dan Wakil Presiden terpilih dalam menggerakkan sektor ekonomi kreatif Indonesia.

Pelantikan Triawan Munaf sebagai Kepala Badan Ekonomi Kreatif. Foto oleh Sekretariat Kabinet.

Pelantikan Triawan Munaf sebagai Kepala Badan Ekonomi Kreatif. Foto oleh Sekretariat Kabinet.

Badan Ekonomi Kreatif akan menjadi lembaga pendukung Presiden dalam merumuskan, menetapkan, mengoordinasikan, dan sinkronisasi kebijakan di bidang ekonomi kreatif. Perpres Badan Ekonomi Kreatif memberikan gambaran fungsi badan baru ini, yakni untuk:
1. perumusan, penetapan, dan pelaksanaan kebijakan di bidang ekonomi kreatif;
2. perancangan dan pelaksanaan program di bidang ekonomi kreatif;
3. pelaksanaan koordinasi dan sinkronisasi perencanaan dan pelaksanaan kebijakan dan program di bidang ekonomi kreatif;
4. pemberian bimbingan teknis dan supervisi atas pelaksanaan kebijakan dan program di bidang ekonomi kreatif;
5. pelaksanaan pembinaan dan pemberian dukungan kepada semua pemangku kepentingan di bidang ekonomi kreatif;
6. pelaksanaan komunikasi dan koordinasi dengan Lembaga Negara, Kementerian, Lembaga Pemerintah Non-Kementerian, Pemerintah Daerah, dan pihak lain yang terkait; dan
7. pelaksanaan fungsi lain yang ditugaskan Presiden, yang terkait dengan ekonomi kreatif.

Bidang-bidang yang akan menjadi fokus kerja badan ini di antaranya adalah aplikasi dan game, arsitektur, desain, film, busana, kriya, dan kuliner, serta radio. Lengkapnya, terdapat 15 sub-sektor ekonomi kreatif di Indonesia, daftarnya dapat dibaca di sini.

Pembentukan dan pelantikan kepala Badan Ekonomi Kreatif merupakan langkah awal yang menjanjikan bagi sektor ekonomi kreatif di negeri ini. Independensi Badan Ekonomi Kreatif diharapkan akan memberikan angin segar kepada perkembangan sektor ekonomi kreatif dan bisa memberikan arahan-arahan kepada Kementerian yang sekiranya juga akan mendapatkan kontribusi langsung dari industri kreatif, yang tentunya membutuhkan koordinasi yang baik.

Mari kita dukung dan awasi Badan Ekonomi Kreatif Indonesia untuk menjalankan tugas sebaik-baiknya!

Dilansir dari:
[1] Sekretariat Negara Republik Indonesia. “Hari Ini, Presiden Jokowi Dijadwalkan Lantik Anggota Badan Ekonomi Kreatif”. Diunduh pada 26 Januari 2015 pukul 16.30.
[2] Armenia, Resty. “Jokowi Lantik Triawan Munaf Jadi Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia”. Diunduh pada 26 Januari 2015, pukul 16.59.

Tags: