Hai, pelaku ekonomi kreatif! Kami ingin berbagi sedikit tentang kolaborasi antara Klikonsul dengan Lingkaran.co. Pada 22 Agustus 2015, Klikonsul mengadakan workshop dengan tema ‘Business Pre-Development Class: Matchmaking, Brainstorming, and Partnership Agreement Process’. Workshop tersebut diselenggarakan di Conclave, sebuah co-working space yang terletak di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Pada workshop tersebut, Klikonsul berbagi cerita soal hal-hal yang seringkali dilupakan oleh pelaku usaha di tahap awal menjalankan bisnisnya. Tiga hal tersebut adalah:
1. Matchmaking Process
2. Brainstorming Process
3. Partnership Agreement Process

Kelas ini diawali oleh Adrian Irwandika yang menjelaskan tentang konsep matchmaking dalam mencari pasangan bisnis. Mencari partner bisnis yang tepat adalah hal yang sangat penting dan krusial dalam memulai perjalanan bisnis kalian. Dalam mencari partner, carilah seseorang yang dapat melengkapi kamu, bukan “kembaran” kamu. Kebanyakan pelaku bisnis mencari partner yang “kembar” dan berpikir sama dengan mereka, when the truth is you don’t need another you. Adrian menjelaskan juga bahwa mencari partner yang tepat itu penting karena pada saat bisnis kamu sudah berjalan, kamu akan lebih banyak meluangkan waktu dengan partner kamu daripada pasangan atau keluarga kamu. Oleh karenanya, carilah partner yang tepat. Dengan partner yang tepat, setidaknya suasana kerja akan menjadi kondusif untuk maju.

Barry berbagi soal validasi ide bisnis pada kelas Lingkaran, 22 Agustus 2015.

Barry berbagi soal validasi ide bisnis pada kelas Lingkaran, 22 Agustus 2015.

Sesi selanjutnya diisi oleh Barry Maheswara. Dalam sesi ini, Barry menjelaskan tentang idea validation. Barry menekankan pentingnya melakukan validasi terhadap ide kreatif yang dimiliki oleh para perlaku usaha yang akan memulai bisnisnya. Dengan validasi yang tepat terhadap ide bisnis yang akan dijalankan, seorang pelaku usaha dapat menilai ulang potensi dari ide bisnisnya, dan kemudian memutuskan apakah pivoting dibutuhkan sebelum melanjutkan ide tersebut ke tahap yang lebih jauh. Barry juga kemudian memberikan coaching untuk melakukan sepuluh langkah validasi internal yang dapat kamu lihat pada tautan berikut ini.

Sesi terakhir diisi oleh Fallissa Putri yang menyampaikan materi tentang Partnership Agreement. Fallissa menjelaskan tentang konsep dasar perjanjian dan mengajak para peserta kelas untuk menyusun sendiri Partnership Agreement masing-masing. Acara ditutup oleh Wendy dari Lingkaran dengan sebuah sertifikat penghargaan kepada Klikonsul dan masing-masing peserta. Klikonsul mengucapkan terima kasih kepada Lingkaran atas kesempatan ini dan semua peserta yang telah hadir pada kelas 22 Agustus 2015 tersebut. Sampai jumpa lagi di kelas berikutnya!

KLIKONSUL's founding partner with all the audience in the Business Pre-Development Class; In collaboration with @lingkaran.co ————————————————— KLIKONSUL is a legal and business consultant group formed in the middle of 2014 by 5 youngpreneurs with background in law and business. To date, we provide legal and business consulting services to creative industry actors in Indonesia. Along the way, we do not only provide consulting services, but also legal and business workshop and training to creative friends in Jakarta. KLIKONSUL Because we KLIK! ————————————————– #love #like4like #follow4follow #f4f #l4l #entrepreneurs #startup #business #law #motivation #education

A photo posted by Klikonsul (@klikonsul) on

Tags: , , ,